Pemberangkatan KKN 2022 Angkatan ke-3 STIU Darussalam Bangkalan

10 Jan 2022, by Abd Karim

Home Kabar Kampus Pemberangkatan KKN 2022 Angkatan ke-3 STIU Darussalam Bangkalan

Pemberangkatan KKN 2022 Angkatan ke-3 STIU Darussalam Bangkalan

STIU Darussalam Bangkalan di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 3 tahun akademik 2021-2022. KKN merupakan bagian dari proses perkuliahan yang wajib diikuti oleh mahasiswa dalam menempuh pendidikan strata satu (S1), termasuk di STIU Darussalam Bangkalan. Dalam rangka mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian), STIU Darussalam kali ini menyiapkan peserta KKN sebanyak 53 mahasiswa untuk empat lokasi, yaitu Desa Dabung Kecamatan Geger, Tlagah Kecamatan Galis, Daleman Kecamatan Galis, dan Kajjan Kecamatan Blega.

Senin, 10 Januari 2022 adalah waktu pemberangkatan ke lokasi kelompok KKN masing-masing. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua STIU Darussalam; Umar Zakka, M.Th.I, Pembantu Ketua 1; Ahmad Baharudin, M. Pd, Ketua LP2M, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan Panitia KKN angkatan 2022. Dalam kesempatan ini, ketua STIU Darussalam dan LP2M memberikan sambutan sekaligus arahan tentang pelaksanaan KKN. Dalam sambutannya, ketua STIU Darussalam membekali mahasiswa dengan arahan dan nasehat, bahwa KKN ini bukanlah waktu dan tempat untuk refreshing, bukan pula untuk main-main, akan tetapi ada banyak proses dan tugas/kewajiban yang harus ditunaikan. Sebagaimana beliau menegaskan dalam sambutannya berikut:

“KKN itu adalah bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Jadi kalian semua harus melalui tahap/program ini sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. KKN itu sifatnya ilmiah, di pundak kalian ada nama baik perguruan tinggi dan pesantren. Sehingga jagalah nama baik itu dengan sungguh-sungguh; tunjukkan etika dan akhlak yang baik sesuai budaya yang berlaku.” Ujarnya

Baca Lainnya :

“Yang terpenting lagi, kalian itu harus punya planning dan program yang terukur, dengannyalah kalian mengabdi; memberikan kontribusi positif, bukan bekerja dalam program desa, apalagi nimbrung dalam kontestai politik atau pergulatan ideologi.” Tegasnya

Dalam sambutannya, Ketua STIU Darussalam juga meminta dan sangat berharap kepada mahasiswa peserta KKN angkatan 2022, agar memaksimalkan waktu selama satu bulan untuk kepentingan pengabdian dan kewajiban akademis kampus, karena KKN angkatan 2022 ini adalah mahasiswa pertama yang menjalani KKN selama satu bulan penuh.

Dalam kesempatan yang sama, ketua LP2M; Tri Wahyu Ramdhan, M.Pd menambahi pesan-pesan KKN. Terlebih dalam lingkup prosedur pelaksanaan dan pelaporan KKN, ia mengingatkan bahwa mahasiswa harus menyelesaikan tugas KKN tepat waktu.

“Dalam proses KKN terdapat prosedur wajib yang perlu mahasiswa ketahui. Setelah KKN nanti selesai, kalian harus melaporkan kegiatan kalian sesuai format pelaporan dalam panduan. Oleh sebab itu, maksimalkan adanya DPL. Sering-sering komunikasi dengan DPL. Dalam hal apapun itu, selama masih dalam lingkup KKN maka koordinasikanlah dengan DPL, khususnya ketua kelompok.” Ujarnya

“Yang penting lagi, kalian itu adalah tamu. Tamu itu dihormati, makanya jangan bersikap tidak baik, termasuk dalam melaksanakan program kalian. Semua program kalian dikoordinasikan terlebih dahulu kepada pihak desa. Jangan mentang-mentang punya program langsung nyerobot begitu saja. Khawatir konsep program kalian tidak sesuai dengan budaya atau tatanan masyarakat setempat.” Imbuhnya

Sambutan Ketua STIU Darussalam dan LP2M sarat dengan hikmah dan arahan. Mahasiswa-mahasiswa STIU Darussalam diharapkan mampu memberikan hadiah terbaik untuk kampus dan masyarakat. Bukan sekedar mahasiswa unggul secara teoretis-akademis, tetapi juga aktor di tengah-tengah masyarakat yang ikut andil dalam mencerdaskan bangsa dan dakwah Islam.

Begitulah suasana pemberangkatan KKN angkatan 2022, penuh dengan khidmat dan antusias peserta. Selama kurang lebih 1 jam lamanya, audien mengikuti prosesi pemberangkatan hingga penutupan dengan pembacaan doa oleh Pembantu ketua I (Baharuddin, M.Pd)


Sumber Berita : RM


Video Terkait: