Tugas Organisasi

Tugas Organisasi

ORGANISASI DAN TATA LAKSANA

 Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan sesuai dengan Organisasi Tata Kerja (OTK) adalah sebagai berikut:

  1. Ketua Sekolah Tinggi

Ketua STIU Darussalam Bangkalan adalah pembantu Ketua Yayasan Bangkalanyang menjadi tugas kewajibannya dengan tugas mempimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, membina tenaga pendidikan dan kependididkan, mahasiswa, tenaga administrasi STIU Darussalam dan hubungannya dengan lingkungan ; membinan dan mengadakan kerja sama dengan intansi badan swasta dan masyarakat untuk memecahkan persoalan yang timbul terutama yang berhubungan langsung dengan tanggung jawabnya.

  1. Wakil Ketua

Wakil Ketua (WK) terdiri atas Wakil Ketua Bidang Akademik (WK I), Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum (WK II) dan Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan (WK III).

  • Wakil Ketua Bidang Akademik (WK I) bertugas membantu Ketua Sekolah Tinggi dalam memimpin pelaksanaan pendidikan.
  • Wakil Ketua Bidang Administrasi Umum (WK II) bertugas membantu Ketua Sekolah Tinggi dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum dan kelembagaan.
  • Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan (WK III) bertugas membantu Ketua Sekolah Tinggi dalam memimpin pelaksanaan kegiatan dibidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. 
  1. Lembaga Penjamin Mutu (LPM)

Penjaminan mutu adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga konsumen, produsen, dan pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) memperoleh kepuasan.

Agar Penjaminan mutu pendidikan tinggi dapat dilaksanakan, maka terdapat beberapa prasyarat yang harus dipenuhi agar pelaksanaan penjaminan mutu tersebut dapat mencapai tujuannya, yaitu komitmen, perubahan paradigma, dan sikap mental para pelaku proses pendidikan tinggi, serta pengorganisasian penjaminan mutu di perguruan tinggi.

  1. Senat Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam Bangkalan

Senat STIU Darussalam Bangkalan adalah suatu organ (badan) normatif dan perwakilan tertinggi pada sekolah tinggi, yang terdiri atas ketua dan Sekretaris.

  1. Program Studi

Program Studi Sarjana adalah unsur pelaksanaan akademik yang melaksanakan pendidikan profesional dan/atau akademik dalam sebagian atau satu cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian tertentu. Program studi sarjana dan pascasarjana meliputi sebagai berikut :

  • Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT)
  • Program Studi Ilmu Hadis (IH)

 

  1. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) adalah lembaga yang membidangi segala bentuk dan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dipimpin oleh seorang kepala yang diangkat oleh ketua STIU Darussalam Bangkalan, dibantu oleh seorang sekretaris dan beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT).

 

  1. Unit Pelaksana Teknis (UPT)

Unit Pelaksana Teknis adalah badan yang  membidangi segala bentuk kegiatan yang diadakan oleh STIU Darussalam  Bangkalan. Unit Pelaksana Teknis (UPT) terdiri dari :

  • UPT Perpustakaan
  • U PT Laboratorium

Unit Pelaksana Teknis (UPT) dipimpin oleh kepala unit dan tenaga  administrasi yang diangkat oleh ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam. Masa jabatan Kepala UPT (KUPT) adalah 5 (Lima) tahun  dan dapat diangkat kembali satu kali masa jabatan berikutnya. Ka. UPT bertanggungjawab kepada ketua STIU DARUSSALAM Bangkalanmelalui kepala LPPM .

  • Unit Pelaksanaan Teknis Perpustakaan

Unit Pelaksana Teknis (UPT) perpustakaan adalah badan yang membidangi perpustakaan STIU Darussalam Bangkalan. UPT Perpustakaan dipimpin oleh kepala, tenaga ahli dan tenaga administrasi yang diangkat dan diberhentikan oleh Ketua STIU Darussalam Bangkalan. Masa jabatan KUPT Perpustakaan adalah 5 (Lima) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 1 kali masa jabatan secara berturut – turut. KUPT Perpustakaan bertanggungjawab kepada Ketua STIU DARUSSALAM Bangkalan.

  • Unit Pelaksana Teknis Laboratorium

Unit pelaksana teknis (UPT) laboratorium dan komputerisasi  adalah unit pengelola yang membidangi laboratorium dan komputerisasi di STIU Darussalam. UPT LK dipimpin oleh kepala dilengkapi kepala bagian, tenaga ahli dan tenaga administrasi. Kepala UPT LK dan kepala bagian adalah 5 (lima tahun) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari dua kali masa jabatan secara berturut – turut. KUPT LK bertanggungjawab kepada ketua STIU Darussalam Bangkalan melalui Wakil Ketua II.

  1. Bagian Administrasi Umum

Bagian administrasi umum adalah badan yang membidangi administrasi  ketatausahaan keuangan, kepegawaian dan kerumahtanggaan dan sarana. BAUM STIU Darussalam Bangkalan dipimpin oleh kepala, dengan membawahi sub – sub yang sesuai dengan ruang lingkup tugasnya, diangkat dan diberhentikan oleh ketua STIU Darussalam. Masa Jabatan Ka.BAUM adalah 5 (Lima) tahun dan dapat diangkat kembali. Ka.BAUM bertanggungjawab kepada ketua STIU Darussalam Bangkalan melalui Wakil Ketua II. BAUM mencakup ( 1 ) sub bagian keuangan dan tata usaha, (2) sub bagian kepegawaian dan urusan rumah tangga dan ( 3 ) sub bagian sarana masing – masing sub bagian dipimpin oleh kepala sub bagian yang diangkat dan diberhentikan oleh ketua STIU Darussalam Bangkalan.

  1. Bagian Administrasi Akademik Kemahasiswaan

Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) adalah badan yang membidangi administrasi akademik dan administrasi kemahasiswaan di STIU Darussalam Bangkalan. BAAK dipimpin oleh kepala dengan dilengkapi tenaga  administrasi yang diangkat dan diberhentikan oleh Ketua STIU Darussalam Bangkalan. Masa jabatan KBAAK adalah 5 ( Lima  ) tahun dan dapat diangkat kembali pada masa jabatan berikutnya. KBAAK bertanggung jawab kepada ketua STIU Darussalam Bangkalan melalui Wakil Ketua I. BAAK mencangkup ( 1 ) sub bagian akademik dan ( 2 ) sub bagian administrasi kemahasiswaan dan kealumnian.

 

Komentar

toto togel