Visi Misi

by Abd. Karim

Home Visi Misi

Visi,misi, tujuan,strategi, dan tata nilai

a.  VISI STIU Darussalam Bangkalan  adalah:

”2041 Menjadi pusat pemantapan aqidah, pengembangan ilmu, amal dan akhlak yang luhur sebagai sendi masyarakat madani”.

 

b. MISI STIU Darussalam Bangkalan  adalah:

a)    Mempersiapkan individu-individu yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya umat terbaik (khoirul ummah) dalam kemantapan aqidah, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu, kematangan profesional yang diperuntukan bagi manusia.

b)   Mempersiapkan kader-kader ulama dan pemimpin umat (mundzirulqoum) yang intelek dan muttafaqihfiddien.

c)    Mengembangkan ilmu pengetahuan, pemikiran dan manajemen dan penelitian melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.

d)   Memberikan pelayanan informasi terhadap penggali ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu keislaman pada khususnya.

e)    Memberikan ketauladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa.

 

c. Tujuan STIU Darussalam Bangkalan  adalah:

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penyelenggaraan pendidikan di STIU Darussalam Bangkalan adalah:

a)        Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan/atau memperkaya khazanah ilmu-ilmu keislaman.

b)        Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu keislaman serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

d. Strategi Pencapaian

Dalam rangka menciptakan sarjana yang memiliki kematangan spiritual dan kemuliaan akhlak, maka strategi pencapaian yang dilakukan adalah:

a)        Mahasiswa wajib mengikuti seluruh program Pondok Pesantren dan tradisi spiritual yang ada berdasarkan MoU kerjasama dengan beberapa pondok pesantren tersebut di atas. Dengan demikian, diharapkan seluruh mahasiswa STIU Darussalam Bangkalan mendapatkan pembinaan spiritual dan akhlak karimah yang berkelanjutan dari pondok pesantren tersebut.

b)        STIU Darussalam Bangkalan menyelenggarakan pembinaan kepada mahasiswa, baik dari aspek akademik, spiritual, maupun akhlak dalam wadah Lembaga Tahfidz dan Kajian al-Qur’an (LTKQ). Lembaga ini dikelola oleh mahasiswa dalam bentuk UKK (Unit Kegiatan Khusus) yang dibina langsung oleh PK-III. LTKQ ini menyelenggarakan kegiatan mingguan dan bulanan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa. Kegiatan LTKQ ini bertujuan untuk mendekatkan mahasiswa dengan al-Qur’an yang merupakan sumber nilai dan sumber inspirasi bagi peningkatan dan pengembangan spiritualitas, ilmu dan akhlak. Oleh karena itu, kegiatan LTKQ mengadakan kegiatan Tahfidz al-Qur’an dan kajian Kutub al-Turats setiap minggu (Rabu sore) dan menjalankan program khatm al-Qur’ân, dilanjutkan dengan kajian tafsir dan ke-qur’an-an setiap bulan (akhir bulan).

c)        STIU Darussalam Bangkalan membentuk Dosen wali yang membawahi beberapa mahasiswa binaan. Satu orang Dosen wali membawahi 36 mahasiswa binaan. Dosen wali juga bertindak sebagai “orang tua” bagi mahasiswa akan memberikan nasehat-nasehat, bimbingan, arahan dan rekomendasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan aspek religiusitas, spiritualitas, etika, moral, dan akhlak yang mulia.

STIU Darussalam Bangkalan memiliki mata kuliah wajib Tahfidz al-Qur’an yang dimulai semester III sampai semester VII. Dalam setiap semester mahasiswa wajib menghafalkan satu Juz dari awal (Juz pertama). Mata kuliah ini dibina oleh Dosen yang sudah hafal tiga puluh Juz dan memiliki Sanad Qira’ah Sab’ah dari salah satu Ulama Mesir dan Yaman. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk membangun spritualitas mahasiswa dengan barokah hafalan al-Qur’an yang dimiliki serta dapat memotivasi mahasiswa untuk senantiasa menunjukkan kecintaannya terhadap Al-Qur’an.