Perjalanan Awal Menuju Pengabdian dan Perubahan: Pembekalan Mahasiswa KKN 2024 STIU Darussalam Bangkalan

Bangkalan, 14 Desember 2023 Sebagai langkah awal menghadapi Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024, mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin (STIU) Darussalam Bangkalan menerima pembekalan khusus yang dipimpin oleh Bapak Moh. Sholeh, M.Pd, dosen berpengalaman di bidangnya dan Bapak Moh. Lutfianto, M.Ag, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STIU Darussalam Bangkalan. Acara pembekalan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman mendalam mengenai tugas dan tanggung jawab mereka selama KKN.

Bapak Abd. Mu’in, M.Ag, selaku ketua panitia pelaksana KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2024 merasa bangga melihat semangat dan antusiasme teman-teman STIU Darussalam menghadapi KKN. Dalam sambutannya, beliau mengatakan “Kami telah menyiapkan segala hal dengan sebaik-baiknya untuk memastikan kelancaran kegiatan ini. Kalian sebagai agen perubahan di lapangan, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang berarti. Saya berharap kalian memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan membawa pulang pengalaman berharga.”

Bapak Moh. Sholeh, M.Pd, kemudian memberikan pandangan praktis terkait pelaksanaan KKN. Dengan pengalaman sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN di masa lalu, beliau berbagi wawasan mengenai aspek-aspek praktis yang perlu diperhatikan selama pelaksanaan program tersebut. Beliau memberikan tips dan saran berharga kepada mahasiswa terkait penyelesaian proyek, interaksi dengan masyarakat dan penanganan tantangan yang mungkin muncul selama KKN. Beliau menyampaikan “Saya ingin menekankan pentingnya keterlibatan aktif dalam komunitas. Kenali masyarakat tempat kalian akan berkontribusi, dengarkan aspirasi mereka dan buatlah perubahan positif. Ingatlah, pembelajaran sejati terjadi ketika kita merasakan langsung kehidupan masyarakat yang kita layani. Selamat berkarya, semoga KKN kalian penuh makna”.

Selanjutntya, Bapak Moh. Lutfianto, M.Ag, dalam penyampaiannya menekankan pentingnya KKN sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat. Beliau memberikan pandangan yang komprehensif tentang harapan dan tujuan dari pelaksanaan KKN, serta bagaimana peran mahasiswa dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan masyarakat, “Saudara-saudara mahasiswa yang sangat saya banggakan, selamat datang dalam pembekalan KKN ini. KKN bukan hanya sekadar kewajiban akademis, tetapi merupakan peluang berharga untuk berkontribusi secara nyata kepada masyarakat. Saya berharap kalian dapat melihat KKN bukan sebagai beban, melainkan sebagai kesempatan emas untuk mengaplikasikan ilmu yang kalian miliki dan berbagi manfaat kepada masyarakat. Mari kita tingkatkan kualitas hidup bersama dengan memberikan yang terbaik selama KKN nanti.”

Pembekalan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan dan mendapatkan klarifikasi lebih lanjut. Diharapkan, dengan pemahaman yang mendalam lewat pembekalan KKN ini, mahasiswa STIU Darussalam Bangkalan dapat menjalani KKN 2024 dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat. Aamiin.



Komentar

https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://elearning.ittelkom-sby.ac.id/group/s1/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://simpenmas.untirta.ac.id/panduan/-/https://lms.pelni.co.id/img/produk/https://2024.pakbejo.jatengprov.go.id/img/https://danaabadi.its.ac.id/web/-/sgacor/https://etakah.upnvj.ac.id/dive/assets/images/avatar/https://sdi.kemenpora.go.id/tesnya/assets/zgacor/https://iqra.umpalopo.ac.id/lang/en/fonts/demo/https://elearning.uinsatu.ac.id/mahasiswa/https://www.jakarta.go.id/uploads/kcor/https://funlearning.itk.ac.id/file/-/sgacor/https://simpeg.slemankab.go.id/folder/-/tgacor/